Articles

Adiwiyata

Berita seputar program adiwiyata di SMA Negeri 2 Nganjuk

Hari Bumi

Makna Dari Peringatan Hari Bumi Sedunia

Bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet bumi

Logo Hari Bumi

Hari Bumi Sedunia merupakan hari pengamatan tentang bumi yang diperingati secara internasional setiap tahunnya pada tanggal 22 April. Hari Bumi pada awalnya bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang ditinggali oleh manusia saat ini yaitu bumi. Pertama kali dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, pada tahun 1970. Dia adalah seorang pengajar di bidang disiplin ilmu lingkungan hidup. Tanggal ini sebenarnya bertepatan dengan waktu musim semi di daerah Northern Hemisphere pada belahan Bumi utara dan waktu musim gugur pada belahan Bumi selatan.

Di Indonesia, peringatan atau perayaan Hari Bumi sebenarnya belum banyak diketahui oleh kalangan masyarakat. Hal ini berbanding terbalik dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang selalu diperingati setiap tanggal 5 Juni. Pada dasarnya memang tidak terdapat perbedaan antara Hari Bumi Sedunia dengan Hari Lingkungan Sedunia.

Kesadaran untuk melestarikan lingkungan hidup seharusnya ditanamkan sedini mungkin dan harus berkesinambungan atau tak lekang oleh waktu. Hal ini tidak terlepas dari kesadaran sosial yang dapat ditumbuhkan melalui penyuluhan atau pemberian informasi yang lengkap tentang pelestarian lingkungan kepada masayarakat umum. Selain itu, perubahan iklim di bumi sangat sulit untuk dicegah meskipun berbagai upaya antisipasi dan pencegahan telah banyak dilakukan. Keadaan ini memaksa manusia untuk dapat beradaptasi dengan perubahan iklim tersebut. Salah satu caranya  adalah dengan mengubah perilaku yang merusak alam menjadi perilaku yang selalu cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

 

Peringatan Hari Bumi di SMAN 2 Nganjuk

Peringatan hari bumi 2016 di SMAN 2 Nganjuk sangat berbeda dari sebelumnya, karena pada tahun ini SMAN 2 Nganjuk bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup yang dikemas dalam beberapa kegiatan. Kegiatan tersebut meliputi penaman sejuta pohon, lomba melukis dan cipta puisi yang temanya tentu saja berkaitan dengan hari Bumi.

Kerjasama SMAN 2 Nganjuk dengan Dinas Lingkungan Hidup pada hari bumi yaitu hari jumat tanggal 29 April 2016 ditandai dengan menada tanganan MOU.

 

 

Selain MOU juga ditandai dengan penanaman sejuta pohon yang di awali oleh Bapak Bupati Nganjuk H. Taufiqurrahman yang didampingi Bapak Kepala SMAN 2 Nganjuk dan unsur pimpinan dari Dinas Lingkungan Hidup.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Klasifikasi Makhluk Hidup

 Klasifikasi makhluk hidup didasarkan kepada pemikiran para ahli dalam mengelompokkan makhluk hidup sesuai dengan syarat internasional. Klasifikasi adalah pengelompokan aneka jenis hewan atau tumbuhan ke dalam kelompok tertentu. Klasifikasi modern berakar pada sistem Carolus Linnaeus, yang mengelompokkan spesies menurut kesamaan sifat fisik yang dimiliki. Ilmu yang mempelajari prinsip dan cara klasifikasi makhluk hidup disebut taksonomi.

Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah:

1.   Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki.

2.   Mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain.

3.  Menyederhanakan objek studi. Penyederhanaan objek studi sangat membantu dalam mengenali atau mempelajari makhluk hidup yang begitu banyak dan beraneka ragam sifat serta ciri-cirinya.

4.   Mengetahui hubungan kekerabatan antarmakhluk hidup.

5.   Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya.

Sistem klasifikasi makhluk hidup memiliki manfaat seperti berikut.

1.   Memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam.

2.   Mengetahui jenis-jenis makhluk hidup.

3.   Mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.

Dari berbagai jenis tanaman yang terdapat di sekolah ini kita bisa mendata tanaman yang hidup di darat dan di air. Berikut ini pendataan janis-jenis tanaman yang terdapat di darat yang dilakukan oleh siswa-siswi SMAN 2 Nganjuk yang didampingi oleh Guru mata pelajaran yang bersangkutan.

 

damping1

damping2

damping3

damping4

 

Selain itu, juga terdapat terdapat beraneka tanaman air yang bisa didata keberadaannya. beraneka tanaman air yang bisa digunakan untuk penghias kolam. Kolam kecil sebagai aksen taman, akan tampak semakin indah dan menawan dengan keberadaan aneka tanaman air. Selain mempercantik kolam, berbagai tumbuhan air tersebut pun dapat berfungsi sebagai pembersih air kolam. Tanaman air disebut juga sebagai tanaman akuatik (aquatic plant).


kolam1

kolam2

 

Pembuatan karya dari Barang Bekas

Kesenian dari barang bekas adalah salah satu jenis hasil karya seni oleh individu ataupun kelompok di mana bahan – bahannya terdiri dari barang-barang bekas.Kesenian barang bekas pertama kali dikenalkan oleh Wensislaus Makur, seorang kelahiran Flores. Beliau merupakan bekas buruh bangunan di Bali. Wensislaus Makur membuat tas unik dari limbah karung plastik beras, sampai menembus pasar konsumen di Eropa.

Barang-barang bekas yang dijadikan karya seni ini adalah bentuk pemanfaatan, penghematan, dan gerakan untuk menjaga lingkungan. Banyak orang yang sering membuang barang-barang bekas ke tempat sampah, padahal sebagian masih dapat dimanfaatkan. Barang-barang ini sebenarnya layak untuk orang lain, oleh sebab itu kita harus jeli memanfaatkan barang tersebut. Pemanfaatan barang bekas perlu dilakukan karena selain untuk menghemat,kita juga telah turut menjaga lingkungan.

Kepala Sekolah SMAN 2 NGANJUK

Dr. Rita Amalisa, M.Pd

Pengunjung

16330
Hari IniHari Ini16
KemarinKemarin403

Contact

SMA Negeri 2 Nganjuk
Office:
Jalan Anjuk ladang No.09 Ploso
Nganjuk-64417
Phone: 0358-322585, Fax: 0358-322585
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Web Desain

AKsoftware Web Desain
Jl. Wilis No.110 Kramat Nganjuk 64419
Your Best Partner
Phone: 082301613713
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Read more information