KATA GURU DAN PESERTA DIDIK TENTANG SOSOK GURU YANG INSPIRATIF

 KATA GURU DAN PESERTA DIDIK TENTANG SOSOK GURU YANG INSPIRATIF

 

Oleh Susi Herawati Wulandari,M.Pd

 

Sosok guru yang inpiratif menurut peserta didik di sebuah kelas yang aku mengajarnya juga adalah guru yang mengajarkan peserta didiknya untuk selalu bersyukur atas apa  yang diberikan Allah SWT, renfah hati, jujur, bertanggung jawab. Semua hal yang diinginkan tidak semuanya bisa dicapai atau didapatkan karena yang menurut kita baik belum tentu baik  untuk kita, karena Allah tahu mana yang baik untuk umatnya dan mana yang tidak baik untuk umatnya. Dan pasti suatu hal yang tidak tercapai atau gagal pasti akan memberikan kita, suatu pelajaran yang baru, ada hikmah dari kegagalan yang kita hadapi. Yang hikmah ini kadang setelah 25 tahun kegagalan baru diketahui hikmahnya.


 

Sosok guru yang inspiratif menurut peserta didik adalah guru yang menginspirasi peserta didiknya untuk jujur dalam segala hal, dan kejujuran itu mahal dan tidak semua orang itu bisa jujur. Jujur dalam perkataan dan perbuatan. Dalam pandemi ini, kita dapat menerapkannya di saat pembelajaran online. Contohnya mengerjakan tugas-tugas sekolah dan ujian dengan jujur. Menurutku sebagai guru dengan kita jujur kita akan mendapat sebuah kepercayaan yang pada akhirnya kita akan mendapat amanah. Rasullullah biasa dipercaya untuk menyelesaikan masalah orang satu dengan orang lain, karena semua orang percaya terhadap Rasul. Rasulluloh pastinya mengerjakan apa yang dipercayakan oleh beliau dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, kita bila diberikan kepercayaan terhadap orang tua, teman ataupun guru untuk mengerjakan sesuatu ( misal menjadi ketua kelas atau apapun itu) harus mengerjakan dengan sungguh-sungguh. Janganlah menghianati kepercayaan dari orang-orang yang sudah mempercayai kita.

 

Sosok guru yang inspiratif menurut peserta didik adalah guru yang menekankan pada peserta didiknya untuk dapat menyatakan pendapat masing-masing peserta didik diharapkan berpikir untuk tidak takut melakukan kesalahan pada saat berdiskusi menyatakan pendapat karena saat peserta didik di sekolah masih dalam proses belajar sehingga saat membuat kesalahan dan masih salah persepsi dan pemahamannya itu biasa dan sekolah tempat untuk memperbaiknya. Menurut guru, kita contoh Rosulluloh saat menyampaikan wahyu kepada umatnya. Rasulluloh mendapat wahyu dari Allah SWT  yang  akan diberitahukan ke kaumnya. Rosul selalu memberitahu wahyu Allah SWT dengan detail dan tepat. Nah kita dapat meneladani seperti apa yang didengar dari orang yang memberitahu kita jangan pernah menambah-nambahkan atau bahkan menyembunyikannya.

 

Sosok guru yang inspiratif menurut peserta didik adalah guru  humoris, ramah menguasai materi pelajaran dan dapat bersahabat dengan peserta didiknya. Cara mengajarnya dengan memberikan referensi soal, ebook dan selalu memberikan pertanyaan saat luring agar siswa memahami materinya.

 

Sosok guru yang inspiratif menurut peserta didik adalah guru yang memberikan bekal kepada murid tentang gaya belajarnya,  karena setiap murid mempunyai gaya belajar dalam mempelajari mata pelajaran berbeda. Dengan mengetahui gaya belajar peserta didik  memudahkan guru  untuk menentukan strategi belajar yang sesuai dengan kemampuan peserta didik , menemukan cara-cara peserta didik belajar, mempelajari bagaimana anak menyerap dan mengolah informasi, menggunakan teknik-teknik untuk menyeimbangkan cara belajar peserta didik   sehingga dapat mencapai keberhasilan belajar. Menurut guru ada banyak keuntungan jika guru memahami gaya belajar peserta didik   dalam belajar, guru bisa  memproses informasi dengan lebih efisien. Beberapa manfaat tersebut meliputi : A.         Keuntungan Akademik : 1.      Memaksimalkan potensi belajar Anda 2.      Sukses pada semua tingkat pendidikan. 3.      Memahami cara belajar terbaik dan bisa mendapatkan nilai lebih baik  pada ujian dan tes. 4.      Mengatasi keterbatasan di dalam kelas. 5.       Mengurangi frustrasi dan tingkat stress. 6.       Mengembangkan strategi belajar. B. Keuntungan Pribadi : 1.      Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri 2.      Mempelajari cara terbaik menggunakan otak yang dimiliki oleh setiap individu. 3.      Mendapatkan wawasan kekuatan serta kelemahan diri kita sendiri. 4.      Mempelajari bagaimana menikmati belajar dengan lebih dalam. 5.      Mengembangkan motivasi untuk belajar. 6.      Mempelajari bagaimana memaksimalkan kemampuan serta keterampilan alami yang dimiliki. 7.      Unggul dalam kompetisi/persaingan. 8.      Mengelola tim dengan cara yang lebih efektif. 7.      Mempelajari bagaimana cara memberikan presentasi dengan lebih efektif. 8.      Meningkatkan keterampilan kita sendiri.9.       Meningkatkan produktivitas kita sendiri

 

Sosok guru yang inspiratif menurut peserta didik adalah guru adalah guru yang berusaha mengajar dengan menerapkan kurikulum 2013 di setiap jam pelajarannya, mengajar hingga mendorong siswanya untuk berpikir kritis dan kreatif. Menurut guru matematika contoh memberi bekal berpikir kritis pada siswa dengan memberi siswa soal seperti berikut : Jihan mengikuti les matematika dengan biaya wajib per bulan sebesar Rp100.000,00 ditambah biaya per pertemuan sebesar Rp50.000,00. Jika Jihan mengikuti 4 pertemuan selama sebulan, maka biaya les yang harus dibayarkan Jihan adalah ...Guru memberikan bekal kritis kepada peserta didik jika menyampaikannya seperti berikut :

 

Butir Soal

Penyelesaian

Indikator Kemampuan berpikir kritis

Jihan mengikuti les matematika dengan biaya wajib per bulan sebesar Rp100.000,00 ditambah biaya per pertemuan sebesar Rp50.000,00. Jika Jihan mengikuti 4 pertemuan selama sebulan, maka biaya les yang harus dibayarkan Jihan adalah ...

Memahami masalah

Diketahui

Biaya wajib Jihan les per bulan Rp100.000,00

Biaya per pertemuan Jihan les Rp50.000,00

Ditanya

Biaya les yang harus dibayarkan Jihan selama satu bulan

Interpretasi

Memahami masalah yang ditampilkan dengan menulis diketahui maupun yang ditanyakan soal dengan tepat

 

Merencanakan masalah

B(x) = 50.000x + 100.000,  

dengan x adalah banyaknya pertemuan, B(x) biaya les yang harus dibayar

Analisis

Mengidentifikasi hubungan antara pernyataan-pernyataan, pertanyaan-pertanyaan. Dan konsep-konsep yang diberikan dalam soal yang ditunjukkan dengan membuat model matematika dengan tepat dan memberi penjelasan dengan tepat

 

Menyelesaikan masalah

B(4) = 50.000(4) + 100.000

B(4) = 200.000 + 100.000

B(4) = 300.000

Memeriksa kembali

Langkah pertama

 

x

  50000

          4

200000

Langkah kedua

 

+

200000

100000

300000

Evaluasi

Menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan soal, lengkap dan benar dalam melakukan perhitungan.

 

Jadi besar biaya yang harus dikeluarkan Jihan adalah Rp300.000,00

Inferensi

Membuat kesimpulan dengan tepat

 Contoh memberi bekal berpikir dengan memberi soal sebagai berikut :

Perhatikan gambar berikut!

 

                                                    (Sumber: nusanews.net)

 Bu Sinta membeli tiga paket buah di toko “Jaya Buah” untuk dibagikan kepada teman-temannya. Paket buah pertama terdiri dari 2 kg jeruk, 3 kg salak dan 2 kg apel dengan harga Rp. 111.000,00. Paket buah kedua terdiri dari 2 kg jeruk, 1 kg salak, dan 1 kg buah apel dengan harga Rp82.000,00. Sedangkan paket ketiga terdiri dari 1 kg jeruk, 2 kg salak dan 3 kg buah apel dengan harga Rp123.000,00. Jika x, y, dan z berturut – turut menyatakan harga jeruk,salak dan buah apel per kilogram, maka harga salak, jeruk, dan buah naga per kilogram adalah …

 

Penyelesaian

Salah satu Indikator Kemampuan berpikir kreatif adalah fleksibelitas (menyelesaikan sebuah masalah dengan lebih satu cara berbeda).

 

-

 Misal x harga 1 kg jeruk

           y harga 1 kg salak

           z harga  1 kg apel

 

 x+3y+2z = 111000     x 2      2x+6y+4z = 222000

2x+  y+  z =   82000     x 1      2x+  y+  z =   82000

                                                       5y+3z=  140000

 

 

-

x+3y+2z = 111000

x+2y+3z = 123000

      y -  z = - 12000

 

5y+3z =  140000   x 1     5y+ 3z =  140000

  y -  z = -  12000   x 3     3y - 3z = -  36000

                                        8y       =  104000

                                          y       =  13000

Subtitusi y  =  13000 ke y -  z = - 12000

13000 - z = -12000

     z= 25000

Subtitusi y=  13000, z = 25000 ke x+3y+2z = 111000

x + 3.13000 + 2. 25000 = 111000

                                   x =   22000

jadi harga 1 kg jeruk Rp 22000,00, harga 1 kg salak Rp13000,00 dan harga 1 kg apel Rp25000.00

Menyelesaikan soal SPLTV dengan menggunakan metode gabungan

 = 22000

 = 13000

 = 25000

Jadi harga 1 kg jeruk Rp 22000,00, harga 1 kg salak Rp13000,00 dan harga 1 kg apel Rp25000.00

Menyelesaikan soal SPLTV dengan menggunakan metode deter

 Sosok guru yang inspiratif adalah guru yang tidak melulu menyampaikan materi pelajaran namun juga seringkali menyisipkan penyajian pendidikan karakter untuk peserta didiknya dan sosok guru yang inovatif.

 

Kepala Sekolah SMAN 2 NGANJUK

  • Berita Baru

  • Berita terpopular

Photo Gallery

Contact

SMA Negeri 2 Nganjuk
Office:
Jalan Anjuk ladang No.09 Ploso
Nganjuk-64417
Phone: 0358-322585, Fax: 0358-322585
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Web Desain

AKsoftware Web Desain
Jl. Wilis No.110 Kramat Nganjuk 64419
Your Best Partner
Phone: 082301613713
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Read more information